Kamis, 06 April 2017

RESUME 2 MOTIVASI,PENGAJARAN DAN PEMBELAJARAN



 RESUME 2


MOTIVASI,PENGAJARAN DAN PEMBELAJARAN


Motivasi adalah aspek penting dari pengajaran dan pembelajaran.murid yang tidak punya motivasi tidak akan berusaha keras untuk  belajar.murid yang bermotivasi tinggi senang kesekolah dan menyerap proses  belajar

 Motivasi
Motivasi adalah proses yang memberi semangat,arah dan kegigihan perilaku.artinya perilaku yang termotivasi adalah perilaku yang penuh energi,terarah dan bertahan lama.

Perspektif tentang motivasi

  1. Perspektif Behavioral menekankan imbalan dan hukuman eksternal sebagai kunci dalam menetukan motivasi murid.insentif adalah peristiwa atau stimuli positif atau negatif yang dapat memotivasi perilaku murid
  2. Perspektif Humanitis menekankan pada kapasitas murid untuk mengembangkan kepribadian ,kebebasan untuk memilih nasib mereka dan kualitas positif .perspektif ini berkaitan erat dengan pandangan Abraham Maslow bahwa kebutuhan dasar tertentu harus dipuaskan dahulu sebelum memuaskan kebutuhan yang lebih tinggi
  3. Perspektif Kognitif ,menurut pemikiran ini murid akan memandu motivasi mereka .minat ini berfokus pada ide-ide seperti motivasi internal murid untuk mencapai sesuatu,atribusi mereka (persepsi tentang sebab-sebab kesuksesan dan kegagalan ,terutama persepsi bahwa usaha adalah faktor penting dalam prestasi)

        Perspektif kognitif tentang motivasi sesuai dengan gagasan R.W.White (1959) yang mengusulkan konsep motivasi kompetensi ,yakni ide bahwa orang termotivasi untuk menghadapi lingkungan mereka secara efektif ,menguasai dunia mereka dan memproses informasi secara efisien .white mengatakan bahwa orang melakukan hal-hal tersebut bukan karena kebutuhan biologis tetapi karena orang punya motivasi internal untuk berinteraksi dengan lingkungan secara efektif
·         Perspektif Sosial .kebutuhan afiliasi atau keterhubungan adalah motif untuk berhubungan dengan orang lain secara aman.ini membutuhkan pemahaman,pemeliharaan dan pemulihan hubungan personal yang hangat dan akrab

Motivasi untuk meraih sesuatu
·         Motivasi Ekstrinsik adalah melakukan sesuatu untuk mendapatkan sesuatu yang lain (cara untuk mencapai tujuan) .motivasi ekstrinsik sering dipengaruhi oleh intensif eksternal seperti imbalan dan hukuman.misalnya murid mungkin belajar keras menghadapi ujian untuk mendapatkan nilai yang baik
·         Motivasi Instrinsik adalah motivasi internal untuk melakukan sesuatu demi sesuatu itu sendiri (tujuan itu sendiri)
Judy Cameron berpendapat bahwa dalam pendidikan ada keyakinan kuat bahwa hadiah selalu menurunkan motivasi instrinsik murid


Motivasi,hubungan dan konteks sosiokultural

Ø  Motif sosial .

Latar belakang sosial anak akan mempengaruhi kehidupan mereka disekolah.para periset telah menemukan bahwa murid yang menunjukan perilaku yang kompeten secara sosial lebih mungkin unggul secara akademis ketimbang murid yang tidak kompeten.Motif sosial adalah kebutuhan dan keinginan yang dikenal melalui pengalaman dengan dunia sosial

Ø  Hubungan sosial

Hubungan murid dengan orang tua ,teman sebaya ,kawan ,guru dan mentor dan orang lain dapat mempengaruhi prestasi dan motivasi sosial mereka .telah dilakukan riset tentang hubungan antara parenting dengan motivasi murid.studi-studi tersebut mengkaji karakteristik demografis,praktik pengasuhan anak dan provisi pengalaman spesifik dirumah

Ø  Konteks sosiokultural

Sandra graham (1986,1990) telah melakukan sejumblah studi yang bukan hanya mengungkapkan peran status ekonomi yang lebih kuat ketimbang peran etnisitas dalam mempengaruhi prestasi ,tetapi juga mengungkapkan arti penting dari pengkajian motivasi murid etnis minoritas dalam konteks teori motivasi umum
Tantangan utama bagi banyak murid dari etnis minoritas ,khususnya mereka yang dari keluarga miskin adalah soal prasangka rasial,konflik antara nilai kelompok mereka dengan kelompok mayoritas dan kurangnya orang dewasa yang berprestasi tinggi dalam kelompok kultural mereka yang dapat bertindak sebagai model peran positif

Tidak ada komentar:

Posting Komentar